Pages

Kamis, 10 Februari 2011

karena itu yang disebut tawakal

sebuah kata yang penuh rahasia. kejutan indah di setiap sisinya.

mungkin dulu aku tak begitu mengenal tawakal. kata menakjubkan dengan makna penyerahan diri dan berpegang teguh padaNya.

sebuah hadits dari HR.ahmad, turmidzi, dan Ibnu Majah yang ku ingat intinya, bertawakallah dengan sebenar-benarnya pada Allah SWT, maka kalian akan diberi rizki oleh Allah SWT seperti seekor burung yang pergi pagi dengan lapar dan pulang sore dengan kenyang. hadits yang selalu teringat setiap kali melihat burung-burung yang terbang di sore hari dari balik jendela kamar kos ku.

disadarkan oleh masalah yang dialami dalam perjalanan hidup, itu juga yang ku rasakan. mengawali kecintaanku terhadap ketawakalan. di saat semua masalah mencoba mencekik dan membunuh semangat diri, tawakal sebaik-baiknya obat. hanya Dia yang akan merengkuh kita dengan ikhlas walau dengan segala pengkhiatan kita padaNya.

saat merasa "tidak bisa" lengkapi usaha dan doa yang dilakukan dengan tawakal. akan terbuka rahasia tentang ke"mampu"an.
percaya dengan keajaiban??. saat mengidap suatu penyakit yang bahkan tidak bisa disembuhkan secara medis, tawakal membuatnya menjadi suatu proses menuju kebahagiaan karena masih bisa memetik hikmah dari penyakit itu. bahkan tawakal pernah membuat penyakit yang ada menjadi tidak ada. sembuh tanpa bisa dijawab dengan penjelasan medis.

pernah merasa tak ada orang yang bisa diharapkan untuk membantu mu mencari pemecahan masalah?
sebagai manusia sebenarnya (hehe), tentu aku juga pernah merasakan itu. saat permohonanku diacuhkan, saat muka memelasku dikasihani dengan hanya obral janji, saat curhatku menjadi angin yang masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri, tawakal membuka hatiku untuk percaya, ada pertolongan Maha Besar yang bahkan melebihi apa yang kita harapkan jika kita meminta pertolongan manusia. bantuan Allah SWT tak terduga, datang dari mana saja.


tawakal juga mengajarkan keikhlasan atas result yang berbeda dari yang kita harapkan. mungkin menurut Allah SWT yang terbaik bukan jalan kanan karena tak akan ada cerita istimewa dibalik itu. diberikan hasil melalui jalan kiri, siapa tw ada cerita menarik untuk diceritakan sebagai motivasi bagi orang lain dan anak-anak kita kelak.


saat ku kehilangan keyakinan, kau nyalakan harapan-unic

0 komentar:

Posting Komentar